Cara Mengamankan Record Database dan Image

Ada banyak teknik pengamanan yang dapat diimplementasikan dalam mengamankan database, salah satunya adalah teknik kriptografi. Teknik kriptografi adalah sebuah teknik pengamanan dengan cara menyandikan objek yang diamankan menjadi bentuk lain yang yang telah mengaburkan makna asli dari objek aslinya. Umumnya teknik kriptografi ini banyak diterapkan pada pengamanan data yang berjenis teks misalnya record database, namun tidak tertutup kemungkinan juga dapat diterapkan pada image, audio maupun video dengan tujuan pada pengamanan data dalam jenis tersebut.
Bagaimana cara mengganti karakter asli tersebut ??

Tentu dilakukan berdasarkan formula-formula dari algoritma kriptografi...

Penerapan teknik kriptografi dalam pengamanan database dilakukan dengan menyandikan recor-record dari sebuah database yang ingin diamankan. Dengan demikian, maka record-record database tersebut walaupun suatu saat disadap atau diambil oleh orang yang tidak berhak, namun tidak dapat dipahami makna dari setiap record database yang telah disandikan. Ilustrasi penyandian record database :

Salah satu contoh contoh algoritma yang dapat diterapkan dalam menyandikan record database adalah algoritma Triangle Chain Cipher (TCC). Contoh penerapan algoritma ini pada penyandian record database, dapat diuduh disini....

Penerapan teknik kriptografi pada image atau citra dilakukan dengan memoifikasi nilai-nilai warna pada masing-masing pixel pembentuk citra, sehingga semua nilai warna pixel menjadi berubah dan akan menghasilkan nilai warna pixel yang baru. Hasil modifikasi ini tentunya akan mengaburkan bahkan tidak memperlihatkan lagi nilai-nilai warna asli dari setiap pixel citra.
Semoga menambah wawasan kita untuk mengenal cara penerapan teknik kriptografi ini pada teks maupun pada citra...Jangan lupa dishare dan difollow blog ini ya...

Tidak ada komentar: