Perbandingan Metode LSB dan End Of File

Teknik Steganografi merupakan salah satu teknik yang banyak digunakan dalam mengamankan data atau informasi yang sifatnya rahasia (private). Teknik steganografi akan melakukan pengamankan data atau informasi yang dirahasiakan dengan menyembunyikannya pada media tertentu, misalnya image, text, video maupun audio. Melalui proses penyembunyian ini, maka keberadaan pesan rahasia tidak terlihat secara visual oleh mata manusia.

Teknik steganografi memiliki beberapa algoritma atau metode dalam melakukan penyembunyian pesan rahasia ke dalam media lain. Metode-metode tersebut misalnya metode Dynamic Cell Spreading (DCS), Spread Spectrum Method (SSM), Metode Modifikasi Bit (Least Significant Bit, Most Significant Bit), Metode End Of File (EOF), Metode First Of File (FOF) dan lain-lain. Secara umum, teknik steganografi melakukan proses penyembunyian pesan ke dalam sebuah media yang dipilih dengan melakukan modifikasi terhadap bit-bit penampung pesan (cover).



Masing-masing algoritma steganografi di atas memiliki kelebihan dan kelemahan baik dari sisi efesiensi waktu proses, efesiensi ukuran output (output size) dari media penampung data, ketahanan, keamanan. Secara umum, terkadang para pengguna algoritma steganografi tidak mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan algoritma yang digunakan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang analisa metode Least Significant Bit (LSB) dan metode End Of File (EOF).

Metode Least Significant Bit (LSB) menyembunyikan data pada media lain dengan cara menggantikan bit-bit yang paling akhir (least) pada sebuah media. Salah satu kelebihan dari metode ini adalah tidak terjadinya perubahan size terhadap media penampung. 
Metode End Of File (EOF) menyembunyikan data rahasia pada bagian akhir dari sebuah file. Salah satu kelemahan yang paling terlihat pada penggunaan End Of File adalah terjadinya penambahan size dari media penampung data yang disembunyikan (artinya terjadinya perubahan yang significant terhadap media penyembunyi).

Untuk lebih jelas, silahkan uduh jurnalnya disini....☺☺

No comments: