Algoritma RC4 Termodifikasi

          Algoritma RC4 (Riverst Cipher 4) merupakan stream cipher yang dirancang di RSA Security oleh Ron Rivest tahun 1987. Sifat kunci dalam algoritma RC4 adalah simetris serta melakukan proses enkripsi plain per digit atau byte per byte dengan operasi biner (biasanya XOR) dengan sebuah angka semiacak. Namun algoritma ini memiliki kelemahan yaitu mudah diserang dengan teknik know-plaintext attack dan ciphertext-only attack (Setianingsih E., 2015). Serangan know-plaintext attack bisa diartikan jika kriptanalist memiliki potongan plaintext dan ciphertext, maka dengan mudah didapatkan aliran kunci dengan cara meng-XOR-kan plaintext dengan ciphertext. 

       Salah satu cara yang dapat dikembangkan dan dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja algoritma RC4 ini adalah melakukan modifikasi pada konstruksi proses kerjanya baik dalam melakukan enkripsi maupun dekripsi. Modifikasi yang dilakukan adalah meningkatkan kerumitan dalam penyerangan yang bersifat plaintext maupun ciphertext attack dengan menambah mode operasi block cipher. Agar proses ini dapat diterapkan, maka dilakukan penambahan sebuah block initial (initialization vector) pada operasi XOR yang dilakukan.
        Contoh berikut akan diuraikan bagaimana penerapan modifikasi algoritma RC4 ini dalam mengoptimalkan pengamanan citra digital. Silahkan download jurnalnya di Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Kompter Universitas Brawijaya Malang, Indonesia. Anda juga dapat mendownload Jurnalnya disini

Tidak ada komentar: