Penyandian Record Database Berdasarkan Metode DES

       Record database umumnya masih sering ditampilkan dalam bentuk teks sebagai informasi bagi pengguna, sehingga dapat mempermudah kriptanalis untuk mengakses serta memberi peluang untuk melakukan pembocoran, mendistribusikan maupun memodifikasi record database tersebut.  

       Salah satu algoritma kriptografi yang digunakan untuk mengamankan data yaitu menggunakan algoritma DES untuk mengenkripsi data yang akan disimpan maupun dikirim. Algoritma DES termasuk ke dalam sistem kriptografi simetri dan tergolong jenis cipher blok. DES beroperasi pada ukuran blok 64 bit.
DES mengenkripsikan 64 bit plainteks menjadi 64 bit cipherteks dengan menggunakan 56 bit kunci internal (internal key) atau up-kunci (subkey). Kunci internal dibangkitkan dari kunci eksternal (external key) yang panjangnya 64 bit.
       Sebuah penelitian membahas tentang prosedur pemanfaatan algoritma DES untuk menyandikan record database agar dapat meminimalkan tindakan penyalahgunaan oleh pihak-pihak lain yang tidak bertanggung jawab. 
     Penelitian ini menguraikan proses pengamanan record database dengan menyandikannya berdasarkan algoritma DES, sehingga dihasilkan teks record databases dalam bentuk sandi yang sulit dipahami dan dimengerti oleh orang lain. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir tindakantindakan penyalahgunaan record database. Agar lebih jelas, silahkan download jurnalnya di webite journal ini....

Tidak ada komentar: